Contoh Reaksi Kimia: Dari Dapur Sampai Cat Tembok

Ilustrasi contoh reaksi kimia

Alam merupakan laboratorium raksasa bagi siapapun yang mau bereksperimen. Jadi, jangan bayangkan bahwa laboratorium itu hanya seperti yang ada di sekolahmu atau di ruang-ruang penelitian. Itulah sebabnya, banyak contoh reaksi kimia yang ada di sekitarmu. Terlalu banyak jika disebutkan satu per satu.

Dengan memahami contoh yang akan diurai di sini, kamu diharapkan dapat menemukan contoh lain yang lebih banyak lagi. Berikut ini contoh reaksi kimia disesuaikan dengan ciri-ciri reaksi kimia yang dimiliki tiap benda (reaktan) dan produknya.

Reaksi Kimia: Menghasilkan Endapan

Apa contohnya? Jika kamu pernah memasak air dan mengamati ada endapan berwarna putih agak kecoklatan pada dasar panci, itulah endapan yang muncul akibat reaksi kimia. Zat itu dinamakan kalsium karbonat yang dihasilkan ketika kamu memasak air yang mengandung kapur. 

Reaksi Kimia: Menghasilkan Perubahan Warna

Apa kamu pernah memakan buah apel? Apa yang terjadi pada bekas gigitanmu jika kamu membiarkannya sejenak di dalam udara terbuka? Ya, bekas gigitanmu berwarna kecoklatan. Dalam peristiwa ini, kamu menemukan terjadinya perubahan warna pada apel (yang digigit). Perubahan ini muncul karena senyawa kimia yang terdapat di dalam buah apel bereaksi dengan oksigen di udara.

Reaksi Kimia: Menghasilkan Gas

Apakah kamu pernah membantu ibumu membuat kue? Jika iya, perhatikanlah peristiwa yang terjadi ketika ibumu memasukkan soda kue ke dalam adonan, diaduk, lalu dipanaskan. Kue bikinan Ibumu itu akan mengembang setelah dipanaskan di dalam oven atau di atas kompor. Mengapa hal itu terjadi? Ketika dipanaskan, soda kue yang sudah tercampur dengan adonan akan menghasilkan zat karbon dioksida (CO2).

Gas inilah yang membuat kue buatan ibumu mengembang. Apa yang terjadi jika ibumu lupa memasukkan soda kue ke dalam adonan? Kue akan gagal mengembang, bahkan yang paling menyedihkan, kue itu akan menjadi padat, bahkan sangat padat sehingga ukurannya terlihat kecil. Di samping itu rasanya pun kurang enak, dan tentu saja penampilannya jadi kurang menarik.

Reaksi Kimia: Menghasilkan Perubahan Suhu

Apakah kamu pernah ikut membantu Ayahmu mengecat tembok pagar rumah dengan gamping (batu kapur)? Apa yang dilakukan Ayahmu ketika akan mengecat? Tentu saja pertama-tama Ayahmu akan mencampurkan batu gamping dengan air. Nah saat batu gamping bercampur dengan air perubahan apa yang terjadi? Ya perubahan suhu. Air yang telah tercampur batu gamping tadi menjadi sangat panas, dan terjadi reaksi pelepasan panas (energi) dan kepulan asap.

Ayo cari contoh lainnya, masih banyak lho kejadian yang melibatkan reaksi kimia di sekitarmu. Jadilah orang pertama yang menemukannya!