Ingin Mobil Laku? Coba Jual secara Online

Ilustrasi mobil laku

Mau mobil laku dengan cepat? Coba jual secara online di internet. Sistem jual beli online saat ini sedang marak dipakai sebagai media jual beli alternatif selain jual beli konvensional. Selain mudah dan cepat, jual beli online juga memiliki kelebihan lain.

Seperti kemudahan dalam mendapatkan pelanggan dan konsumen serta kenyamanan dalam mengelola lapak jualan. Salah satu lokasi jual beli online favorit di internet adalah Kaskus. Kaskus adalah forum terbesar di tanah air dengan jumlah pengguna mencapai empat juta member lebih.
Kaskus memiliki sub forum yang memang dihadirkan khusus untuk jual beli online. Nama sub forum tersebut adalah Forum Jual Beli atau FJB Kaskus.

Di sub forum ini, Kaskus memberikan kebebasan bagi para membernya untuk melakukan aktivitas jual beli tanpa batas. Segala barang bebas diperjualbelikan, asalkan sesuai dengan aturan yang telah ditetukan. Tak hanya sekadar memanjakan penjual, FJB Kaskus juga sangat memanjakan pembeli. Di sini, calon pembeli online dapat dengan mudah memilih dan mendapatkan produk yang diinginkan di beberapa kategori tersedia.

Mobil bekas adalah salah satu produk terlaris yang diperjualbelikan di FJB Kaskus. Tal jarang, mobil laku asalkan penjual mengetahui trik khusus tatkala memasarkan barang dagangannya. Selain Kaskus, TokoBagus dan Berniaga adalah lokasi favorit alternatif dalam jual beli online di internet. Keduanya adalah pasar online segala produk yang bisa diperjualbelikan secara bebas.

Baik TokoBagus, Berniaga, dan Kaskus, bisa dibilang mereka adalah pihak ketiga yang membantu kita dalam jual beli online. Mereka bukan broker atau makelar, namun hanya perantara. Jika ingin independen, coba gunakan website atau blog jual beli.

Mobil Laku di Blog Jual Beli

Untuk membuat sebuah website jual beli, tidak semudah membalikkan tangan. Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terkait dengan perancangan website jual beli atau ecomerce. Jika Anda memiliki pengetahuan yang terbatas akan teknologi tersebut, silakan manfaatkan platform blog.

Blog dan website memang memiliki perbedaan yang sangat besar, baik itu dalam fitur, maupun tampilannya. Namun saat ini, sebuah blog tak lagi dimanfatkan sebagai media pribadi semata. Tak sedikit, blogger tanah air yang menggunakan blog sebagai media jual beli.

Platform blog di internet bisa dengan mudah didapatkan secara gratis atau tanpa biaya. Sebut saja Blogger dan WordPress. Dan di kedua platform blog ini tersedia template jual beli gratisan. Anda bisa mencari template tersebut di internet.

Dengan template ini, fitur dan tampilan blog Anda laiknya situs jual beli online. Misalnya, mendukung sistem shopping chart. Layout-nya nanti juga menyerupai situs jual beli online dengan hadirnya galeri yang akan menampilkan produk yang diperjualbelikan. Lantas bagaimana memulai menjual mobil agar cepat laku dengan menggunakan blog?

Pertama, sila buat blog terlebih dahulu menggunakan platform gratisan, baik itu Blogger atau WordPress. Anda bisa membuat sebuah blog dalam hitungan menit. Kedua, cari template jual beli atau ecomerce di internet. Masuk ke mesin penelusuran Google dan masukkan kata kunci “Blogger ecomerce template” atau “Wordpress ecomerce template”.

Jika sudah, unduh template tersebut dan instal di Blogger atau WordPress. Ketiga, unggah foto-foto mobil yang akan Anda jual. Ingat, unggah lebih dari satu foto. Misal nampak depan, belakang, samping kanan kiri, atas, dan bawah. Jika menjual lebih dari satu mobil, lakukan hal serupa.

Keempat, jangan lupa untuk menuliskan kontak Anda yang bisa dihubungi. Meski telah terotomatisasi dengan sistem shopping chart, tidak jarang calon pembeli akan menghubungi Anda secara langsung untuk konfirmasi.

Jual beli online menggunakan blog tidak harus menggunakan sistem shopping chart. Anda tetap bisa menggunakan cara manual, yakni dengan mengunggah foto mobil tersebut, menampilkan harga, menentukan sistem pengiriman dan pembayaran, serta mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Tak sedikit pula penjual online yang memakai cara manual ini.

Mobil Laku di FJB Kaskus

Untuk menggunakan fitur FJB Kaskus, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs bermember empat juta pengguna ini. Cara mendaftarnya sangat mudah, sila klik tombol sign up di landing page Kaskus atau login dengan menggunakan akun Facebook atau Twitter. Jika telah mendaftar, jangan lupa untuk mengatur profil Anda. Tulis profil Anda secara jelas dan gunakan foto yang sewajarnya.

Misalnya, Anda sengaja mendaftar di Kaskus untuk membuat mobil laku, gunakan saja foto profil gambar mobil yang ingin dijual. Jika sudah melakukan pengaturan profil, sila masuk ke sub forum FJB Kaskus.

Di FJB Kaskus ada dua menu, WTB atau Want To Buy dan WTS atau Wan To Sell. Masuk ke menu WTS karena Anda berposisi sebagai penjual. Buat sebuh thread atau posting baru dengan mengeklik tanda New Thread.

Di thread baru tersebut, sila tulis postingan secara detail mengenai mobil yang akan dijual. Bagaimana spesifikasinya. Apa kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana dengan garansi dan layanan purna jual. Kelengkapan lainnya serta jangan lupa unggah foto mobil tersebut. Seperti pada langkah sebelumnya, unggah foto lebih dari satu sisi: atas, bawah, belakang, depan, serta samping kiri dan kanan.

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak Anda yang bisa dihubungi. Tentukan pula cara sistem pembayaran: via transfer bank, ATM, atau lewat rekening bersama. Cantumkan pula jika Anda menerima sistem pembayaran melalui COD atau Cash On Demand (bayar ditempat).

Kemudian, tentukan juga bagaimana sistem pengirimannya, jika pembeli tersebut menginginkan mobil tersebut dikirim ke alamatnya. Dan yang paling penting, jangan membanderol harga terlalu mahal. Jika tidak, impian mobil laku mungkin tidak akan terlaksana. Lantas bagaimana tips menentukan harga mobil bekas agar menjadi mobil laku?

Tips Mobil Laku di FJB Kaskus

Pertama, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu di forum ini terkait dengan penjual mobil bekas sejenis. Cari thread yang serupa dengan Anda di mesin penelusuran Kaskus. Setelah ketemu, perhatikan harga yang mereka banderol. Tentukan harga, setidaknya sebanding atau jauh lebih murah daripada harga mobil Anda yang akan dijual.

Kedua, jika Anda menginginkan harga yang lebih mahal (ingin untung lebih), perhatikan pula apa timbal balik ke konsumen. Misalnya saja, Anda membanderol harga lebih mahal Rp 500 ribu, maka berikan nilai plus ke calon pembeli. Misalnya saja, plus kupon cuci mobil atau servis bengkel.

Ketiga dan yang paling penting, selalu promosikan thread Anda agar tidak tenggelam dengan thread baru dan thread ramai lainnya. Thread di Kaskus diurutkan sesuai dengan waktu dan balasan komentar di thread tersebut. Jika Thread Anda adalah thread lama dan tidak ada aktivitas atau tanpa komentar, maka thread tersebut akan tenggelam dan tertindas oleh thread baru serta thread ramai. Lantas bagaimana cara promosi thread di Kaskus agar selalu ramai?

Tips Promosi agar Mobil Laku di FJB Kaskus

Pertama, promosilah di Hot Tread Kaskus. Di landing page Kaskus sebelah pojok kiri atas, Anda akan menjumpai fitur Hot Thread atau HT. HT adalah thread yang paling intens diperbincangkan di Kaskus pada saat itu.

Tips cara promosinya yakni, kometarilah thread di HT ini (sesuai dengan topiknya). Baru kemudian, berikanlah lapak jual mobil bekas Anda di FBJ Kaskus. Cantumkan tautan lapak (FJB Kaskus) serta bocoran harga. Mengapa harus berkomentar terlebih dahulu sesuai dengan topik yang dibahas? Agar Anda tidak dikira sebagai junker atau spammer.

Kedua, promosikan di thread WTB. Gunakan fitur penelusuran Kaskus dan telusuri thread yang sedang mencari mobil bekas terkait dengan produk Anda. Reply thread tersebut dengan tautan lapak FJB Kaskus mobil bekas Anda.

Dan yang terakhir, pergunakan potensi media sosial semaksimal mungkin. Share tautan FJB Kaskus lapak jualan Anda di Facebook dan Twitter. Namun jangan asal nge-share, bagi secara berkala atau jika ada seseorang yang membutuhkan terkait produk yang Anda jual. Jika Anda benar-benar mempratikkan tips ini, dijamin nantinya pasti mobil laku.