Lima Perlengkapan Menyusui yang Perlu Diketahui

Ilustrasi perlengkapan menyusui

Menyusui merupakan salah satu momen terindah bagi seorang ibu. Mengapa demikian? Sebab kegiatan menyusui anak termasuk cara untuk terus menjalin kedekatan perasaan, fisik, komunikasi dan sebagainya. Seorang ibu akan sangat berbahagia begitupula dengan sang anak. Karenanya seorang ibu sebaiknya sudah mempersiapkan diri sebelum melahirkan.

Persiapan tersebut tidak hanya berkaitan dengan psikologis calon ibu, melainkan juga persiapan materi. Hal itu dibutuhkan oleh sang ibu, ayah serta anak. Antara ayah dan ibu saling bekerja sama dalam proses persiapan itu. Dalam hal menyusui pun juga membutuhkan persiapan. Mulai dari cara menyusui atau bahkan perlengkapan yang dibutuhkan ketika melakukan aktivitas menyusui.

Ada beberapa perlengkapan menyusui yang sebaiknya dimiliki oleh ibu menyusui. Perlengkapan menyusui ini membantu ibu untuk dapat menyusui dimana saja dan kapan saja. Sang anak akan nyaman begitupula ibu yang menyusuinya. Terlebih lagi perlengkapan tersebut didukung dengan cara atau teknik menyusui yang benar. Ketika teknik menyusui dilakukan dengan baik, maka kesehatan ibu dan anak juga terjaga dengan baik.

Kesehatan anak menjadi bagian paling penting dalam kehidupan keluarga. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi anak senantiasa diperhatikan secara teliti. Nutrisi lengkap bayi bersumber dari ASI ibunya, ketika sudah dikenalkan dengan makanan pendamping, maka peran nutrisi darinya juga tetap dibutuhkan. Sudah selayaknya seorang ibu maupun ayah memahami hal itu termasuk segala perlengkapannya.

Membeli Perlengkapan Menyusui

Anda dapat membeli perlengkapan menyusui di toko perlengkapan ibu dan bayi yang banyak terdapat di pusat perbelanjaan. Atau, apabila Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat pergi ke pusat perbelanjaan, Anda dapat membelinya secara online. Sekarang ini, banyak toko online yang menjual perlengkapan ibu dan bayi dengan desain yang menarik dan harga yang terjangkau.

Anda dapat juga melakukan perbandingan harga ataupun desain, baik di toko online maupun toko biasa. Hal terpenting adalah kenyamanan bayi menjadi bagian utama. Meski harga juga diperhitungkan, tapi ketika sang anak nyaman meminum susu maka hal itu yang lebih dijadikan pusat pertimbangan. Ketika membeli kebutuhan anak melalui media online, maka harus memperhatikan berbagai hal.

Hal penting yang dimaksudkan yaitu mulai dari barang, alamat toko, alamat tujuan serta cara pembayaran yang disepakati. Meski hanya perlengkapan menyusui, tapi hal itu harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai Anda merasa dirugikan atau mungkin pihak toko yang dirugikan dengan transaksi kita. Beberapa perlengkapan menyusui memang jenisnya beragam, tapi semua harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kebutuhan anak akan segala yang telah disiapkan oleh orang tuanya termasuk perlengkapan menyusui tentu akan ditujukan untuk kebahagiaannya. Oleh karena itu, ketika merencanakan membeli perlengkapan untuk anak harus direncanakan secara maksimal. Kebutuhan anak, dana serta kegiatan lainnya juga dapat dijadikan pertimbangan yang baik. Pertumbuhan serta perkembangannya pun akan berjalan dengan baik jika didukung oleh perlengkapan yang sesuai, tentu juga didampingi peran ibunya serta ayah.

Beberapa Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan untuk menyusui sangat beragam. Dalam ulasan ini akan disampaikan beberapa di antaranya yang termasuk kebutuhan ibu dan anak. Jangan sampai menganggap ringan segala perlengkapan ini hingga muncul sikap menundaa persiapan menyusui. Hal itu tidak tepat sebagai seorang ibu. Segera persiapkan diri agar anak merasakan kenyamanan dan kebahagiaan bersama ibu ketika ia mendapatkan nutrisinya.

Berikut ini beberapa peralatan menyusui yang wajib diketahui. Anda bisa memilahnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pompa ASI atau Breast Pump

Pompa ASI (breast pump) terdiri dari dua jenis, yaitu pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik. Pompa ASI elektrik membutuhkan baterai sebagai sumber energi, sedangkan pompa ASI manual tidak. Karenanya, Anda harus mengisi ulang energinya secara berkala, apabila dibutuhkan. Harga pompa ASI elektrik lebih mahal dibandingkan pompa ASI manual.

Tidak ada patokan apakah pompa ASI elektrik lebih nyaman dibandingkan pompa ASI manual. Semuanya tergantung selera Anda. Namun, perlu diingat bahwa saat menggunakan pompa ASI manual, Anda harus menggunakan tangan untuk menekan alat tersebut secara berulang-ulang dan jika belum terbiasa hal ini cukup melelahkan.

Apakah pompa ASI wajib dimiliki oleh setiap ibu menyusui? Jawabnya tidak selalu karena jika Anda fulltime mother, Anda dapat menyusui bayi Anda langsung dari payudara. Namun, jika Anda seorang ibu bekerja, pompa ASI akan sangat membantu. Meskipun tidak menutup kemungkinan pula jika Anda terampil memerah ASI menggunakan tangan Anda tidak perlu menggunakan pompa.

Bra dan Baju Menyusui

Bra dan baju menyusui sangat disarankan dimiliki oleh setiap ibu menyusui. Paling tidak milikilah 2-3 buah bra dan baju menyusui. Bra dan baju menyusui memudahkan Anda menyusui di tempat umum. Saat Anda membawa bayi Anda bepergian. Desain bra menyusui memungkinkan Anda menyusui tanpa harus membuat seluruh bagian payudara Anda terlihat. Sedangkan baju menyusui membuat bayi Anda dapat menyusui dari lubang baju yang tersembunyi.

Pilihlah bra dan baju menyusui dengan bahan yang menyerap keringat. Cek dahulu kaitan pada bagian depan bra menyusui. Jika perlu cobalah membuka dan menutupnya beberapa kali agar Anda tahu apakah bra tersebut mudah digunakan.Sedangkan untuk baju menyusui, pilihlah yang nyaman bagi Anda.

Nurshing Apron (Apron Menyusui)

Nurshing apron merupakan selembar kain berbentuk seperti celemek. Gunanya untuk menutupi tubuh ibu saat menyusui. Dengan menggunakan nurshing apron, Anda tak perlu malu menyusui di tempat umum. Oleh karena itu, kenyamanan anak dan ibu tetap dapat terjamin dengan baik. Saat ini tentu saja sudah sangat banyak dikembangkan alat ini.

Jangan khawatir menggunakan nurshing apron ini membuat penampilan Anda kurang menarik. Banyak nurshing apron yang motifnya menarik dan modern, harganya pun bervariasi. Silakan memilihnya sesuai kebutuhan yang diarahkan pada kesehatan ibu dan anak.

Breast Pad

Breast pad merupakan semacam bantalan yang dapat menyerap ASI yang berlebihan. Seorang ibu menyusui seringkali mendapati baju yang dikenakannya basah karena terkena ASI. Dengan menggunakan breast pad, ASI tidak langsung mengenai baju namun terserap ke dalamnya. Oleh karena itu, sang ibu tetap nyaman dengan kondisi itu.

Breast pad umumnya dilengkapi dengan semacam perekat agar tidak bergeser saat dikenakan pada bra. Jenis breast pad ini sekali pakai, seperti pembalut. Namun ada pula breast pad yang dapat dikenakan berulang-ulang. Anda hanya harus rajin mencucinya. Jangan melupakan juga bagaimana cara mencucinya agar tidak merusak bahannya.

Cooler Box dan Botol ASI

Saat ini, wanita memiliki peran yang beragam di luar rumah selain sebagai ibu bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, alat ini sangat dibutuhkan guna memudahkan anak terpenuhi nutrisinya. Wajar saja jika akhirnya ASI diperah sesuai kebutuhan anak dengan penempatan yang benar. Jika tempat ASI tidak sesuai aturan, maka perahan ASI tidak dapat diminum oleh anak.

Jika Anda ingin memerah ASI Anda saat berada di kantor, pikirkan pula untuk memiliki cooler box dan botol penyimpan ASI. Cooler box membantu Anda menjaga ASI agar tetap dingin sehingga lebih tahan lama. Gunakan pula ice gel untuk menjaga suhunya. Saat Anda pulang dari kantor, pindahkan ASI perah Anda ke dalam lemari pendingin.

Nah, mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu Anda memilih perlengkapan menyusui yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta anak tentunya. Jangan biarkan masa pertumbuhan dan perkembangannya terganggu karena kurangnya persiapan dari orang tua.