Memilih Makanan Sehat Untuk Ginjal

Ilustrasi makanan sehat untuk ginjal

Hampir 90 persen penyebab penyakit yang diderita manusia, ternyata berasal dari makanan. Makanan memang memegang peranan penting pada kesehatan manusia. Salah satunya adalah dengen memilih makan sehat untuk ginjal.

Penderita gangguan ginjal sekarang pun dituntut untuk mengatur pola makannya agar sakitnya tidak semakin parah. Anda yang ingin mencegah timbulnya gangguan ginjal, juga bisa membuat menu ini. Dengan kombinasi kreatif, Makanan Sehat untuk Ginjal tetap tidak akan terasa membosankan, kok!

Biasanya penderita gangguan ginjal sering merasa nyeri di bagian persendian. Biasanya nyeri ini juga disebut asam urat. Bahkan tumit mereka juga sering mengalami nyeri dan bengkak. Kalau sudah begini, mutlak diperlukan pengaturan makanan yang baik supaya sakitnya tidak menjalar semakin parah.

Penyebab Penyakit Ginjal

Banyak sekali hal yang menyebabkan seseorang menderita penyakit ginjal. Penyebab terbanyak merupakan sumbangsih dari pola makan dan pola hidup dari si penderita penyakit ginjal. Hampir semua kasus disebabkan oleh hal tersebut.

Dengan melakukan hidup sehat maka bisa menghindarkan anda dari penyakit gagal ginjal. Hidup yang sehat adalah dengan makan makanan yang bergizi yang tidak harus mahal serta olahraga yang cukup. Tidak hanya ginjal penyakit lain tidak mau mampir jika hidup kita mengutamakan pola hidup sehat.

Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi juga ikut serta menyumbang terjadinya penyakit gagal ginjal. Mengurangi makanan yang berkolesterol dan berlemak tinggi dalam konsumsi sehari-hari anda akan mampu menjauhkan anda dari penyakit gagal ginjal.

Memperbanyak makanan yang berserat dan berkarbohidrat ketika sebelum kena penyakit ginjal adalah hal yang wajib dilakukan. Karena tidak hanya penyakit ginjal penyakit lain pun juga tidak akan menyerang tubuh jika asupan yang diperlukan oleh tubuh dijaga dengan seimbang.

Namun ketika sudah terkena penyakit ginjal maka sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Makanan sumber karbohidrat adalah nasi, kentang, makaroni, dan lain-lain.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohihdrat tinggi sangat berbahaya bagi ginjal. Kerja ginjal akan semakin berat dan mampu memperparah penyakit ginjal anda.

Selain makanan, minuman juga sangat berpengaruh bagi kesehatan ginjal. Salah satu penyumbang tersebesar adalah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol juga merupakan salah satu tabungan untuk terjadinya penyakit ginjal dalam tubuh.

Minuman suplemen juga ikut menyumbang terjadinya penyakit ginjal. Tentu saja jika semuanya dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Banyaknya minuman suplemen yang masuk ke dalam tubuh dalam waktu yang berdekatan atau bahkan bersamaan akan memperbudak ginjal untuk terus bekerja. Akibatnya adalah ginjal sudah tidak lagi mampu bekerja karena sudah terlalu capek.

Kalo sudah ginjal tidak mau bekerja maka kita sendiri yang dibuat susah. Segala aktivitas normal yang biasa dilakukan sehari-hari jadi terhambat. Hanya di atas ranjang saja atau Cuma duduk santai saja yang bisa dilakukan. Pekerjaan berat sudah tidak bisa dilakukan untuk orang yang mengidap penyakit ginjal.

Penyebab lainnya yang juga ikut sebagai penyumbang terjadinya penyakit ginjal adalah obat-obatan. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan ginjal. Walaupun sebenarnya konsumsi obat tersebut adalah untuk menghilangkan atau menyembuhkan penyakit yang lain.

Namun pengkonsumsian obat-obatan yang berbahan kimia juga ikut andil dalam penyakit gagal ginjal. Dalam sebuah kasus yang ditemukan oleh seorang dokter juga menyebutkan bahwa pasien yang menderita gagal ginjal atau penyakit ginjal juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Bagi anda yang sering mengkonsumsi obat-obatan ketika sakit menyerang, maka berhati-hatilah. Bukanya bermaksud untuk menakut-nakuti tetapi mawas diri agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari adalah lebih baik. Ibarat sebuah pepatah yang mengatakan , “sedia payung sebelum hujan”.

Maksudnya adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah datangnya penyakit ginjal ke dalam tubuh adalah langkah yang baik daripada mengobati penyakit ginjal. Apalagi untuk sekarang ini penyakit ginjal adalah penyakit yang belum ada obatnya, atau bisa dikatakan belum ditemukan secara medis obat yang bisa menyembuhkan penyakit ginjal secara total.

Semua obat atau terapi yang digunakan hanyalah penambah umur saja untuk pasien penderita penyakit ginjal bukan untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Pengobatan yang dimaksud adalah seperti cuci darah dan ganti ginjal adalah pengobatan yang bersifat untuk memperpanjang usia pasien dan bukan mengobati penyakit ginjal tersebut.

Kebiasaan buruk lain yang juga sangat memprihatinkan dalam masyarakat yang ada di Indonesia adalah doyan akan minuman oplosan. Bukannya menyehatkan malah menimbulkan penyakit ginjal bahkan banyak kasus sampai mengantarkan pada kematian.

Minuman oplosan yang dimaksud adalah minuman alkohol yang dioplos atau dicampur dengan bahan yang lain. Bahan yang lain tersebut adalah bahan yang berbahaya bagi tubuh bahkan ada yang menyampurnya dengan bagian ujung dari korek api.

Minuman alkoholnya saja sudah sangat membahayakan bagi kondisi ginjal, bagaimana lebih ditambah berbahaya lagi dengan zat kimia lain yang memang mengandung racun untuk tubuh. Sungguh sangat memprihatinkan jika melihat budaya ini.

Dan yang lebih tragis lagi dari budaya ini. Budaya minum-minuman keras yang berjenis oplosan ini pun  banyak dilakukan oleh orang dengan kemampuan ekonomi rendah. Selain itu juga tingkat pendidikan yang rendah pula. Bukankah kita tahu bahwa untuk pengobatan penyakit ginjal bukanlah biaya yang bisa dibilang m urah.

Butuh dana yang besar untuk dapat bertahan hidup dari serangan penyakit ginjal. Jika untuk makan saja sulit bagaimana dengan penyakit ginjal yang mencoba menggegrogoti tubuh sang penderita? Sudah tentu penyakit itu akan dibiarkan saja hingga nyawa meregang dari tubuh.

Jika sudah terjadi seperti itu, apalah arti harta yang dimiliki.  Uang yang banyak tidak lagi bisa memberikan kenikmatan akibat sakit yang diderita. Makanan enak tersaji pun hanya bisa dijadikan pajangan saja tanpa bisa memakannya.

Mengkombinasikan Menu Sayur dan Buah

Sayur dan buah, seperti seledri, pepaya, dan labu kuning, adalah makanan yang baik dikonsumsi penderita gangguan ginjal. Setiap pagi, jus campuran seledri dan pepaya sangat dianjurkan untuk diminum.

Untuk menu makannya, Anda bisa gunakan bubur beras merah. Sebaiknya Anda mengonsumsi menu ini tanpa lauk pendamping (kalau Anda bosan dengan menu ini, Anda bisa menggantinya dengan labu kuning yang dikukus matang).

Alternatif menu lainnya adalah jus apel yang dicampur dengan jahe. Anda juga boleh menambahkannya dengan susu dan yogurt rendah atau tanpa lemak. Untuk menu makanannya, silahkan Anda coba variasi menu sayuran bayam merah tawar tanpa garam.

Kalau bosan, menu sayur juga boleh Anda ganti dengan sawi. Hindari mengonsumsi karbohidrat, seperti nasi dan roti secara berlebih. Mengkonsumsi makanan ini secara rutin selama 2 minggu, akan membuat tumit bengkak dan nyeri pada penderita ginjal bisa disembuhkan.

Menghindari Faktor Lain Selain Makanan

Ternyata penyebab gangguan ginjal tidak hanya disebabkan oleh makanan, tetapi juga karena obat antibiotik, kegemukan, dan faktor keturunan. Untuk yang terakhir, Anda memang tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Tapi Anda bisa mencegah pemakaian obat anti biotik yang berlebihan ataupun mengontrol kadar lemak dalam tubuh Anda.

Menu-menu yang disarankan di atas, juga ampuh untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Pikiran yang stress ternyata juga bisa menyebabkan gangguan ginjal , lho. Karena itu, biarkan tubuh Anda menerima udara segar dan keluarlah dari rutinitas Anda sesekali untuk menghindari penyakit ini.

Makanan sehat untuk ginjal lainnya adalah daging, kacang tanah, dan olahan sayur bayam. Sebaiknya kurangi juga konsumsi garam kalau sedang memasak makanan ini. Bahan makanan juga lebih baik dimasak dengan cara dikukus ataupun dipanggang daripada digoreng.

Untuk cemilan atau makanan pendamping, pisang, almond atau kurma juga sangat cocok untuk penderita ginjal. Selama diimbangi olahraga yang cukup dan mengkonsumsi air putih yang banya, menu-menu di atas akan bekerja dengan maksimal.

Makanan untuk Penyakit Ginjal

Jika takdir sudah berkata lain bahwa anda harus mengidap penyakit ginjal maka ada beberapa makanan yang harus diperhatikan. Mengurangi asupan karbohidrat yang didapatkan dari nasi, jagung, kentang, ubi, makaroni, dan pasta. Gantilah asupan karbohidrat tersebut dengan mengkonsumsi gula, sirup, dan permen.

Jangan mengkonsumsi lemak terlalu banyak. Utamakan mengkonsumsi protein yang berasal hewan, semisal susu sapi, daging, dan ikan. Dipersilahkan juga memakan agar-agar karena mengandung serat yang larut sebagai penganti kebutuhan energi tubuh.

Walaupun diutamakan mengkonsumsi protein hewani namun juga harus ada pembatasan untuk yang berasal dari hati, ikan, teluir, udang , daging kambing, dan ayam. Selain itu juga batasi penggunaan garam dapur ketika memasak.