Modifikasi Mobil Katana

Bagi sebagian orang, memiliki mobil hanyalah sebatas untuk transportasi ketika hendak berpergian. Mobil tidak harus keren yang penting fungsi aslinya tetap bisa berjalan dengan benar. Tidak neko-neko, hanya untuk kendaraan pergi ke kantor misalnya. Tetapi ada beberapa kalangan yang malah lebih suka mobilnya diutak atik sedemikian rupa hingga sampai ada yang fungsi asli mobil yaitu sebagai alat transportasi, tidak lagi begitu dihiraukan.

Salah satu mobil yang sering dimodifikasi, ntah itu mesinnya, bodinya atau bannya adalah mobil katana. Ya, memodifikasi mobil katana memang tergolong menjadi favorit para pecinta mobil jip ini. Disamping tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, modifikasi mobil katana ini juga banyak macamnya. Maka tidak heran jika para pecinta mobil jip ini gemar memodif mobil-mobil mereka.

Berkenalan dengan Si “Jantan” Katana

Pertama kali Suzuki Katana muncul yaitu sekitar tahun 1984. Mobil ini bisa dikatakan sebagai kelanjutan dan penyempurnaan dari tipe sebelumnya, Suzuki Jimny. Keduanya memiliki konsep yang hampir sama tetapi dengan bentuk eksterior yang cukup berbeda. Perbedaan yang signifikan terutama ada pada mesin yang digunakan serta desain dimana Suzuki Jimny lebih besar dan terlihat lebih gagah dibandingkan Suzuki Katana yang berkonsep city car.

Di Indonesia hingga saat ini Katana bisa dikategorikan sebagai salah satu kendaraan legendaris yang pernah diproduksi oleh pabrikan Suzuki. Konsep desain mobil Katana ini paling tidak menjadi semacam pelopor perkembangan mobil-mobil berkonsep city car saat ini. Meskipun konsep city car selalu identik dengan bentuk tampilan yang mungil tetapi di tangan para pecinta Katana, mobil ini bisa disulap menjadi terlihat lebih gagah dan macho.

Sebagai mobil jenis jip sampai sekarang Katana masih memiliki banyak penggemarnya. Harga purna jualnya pun masih stabil bahkan terkadang untuk beberapa kasus bisa mendatangkan keuntungan cukup besar. Hal ini dikarenakan Katana masih banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat terutama para off-roaders sebagai kendaraan alternatif yang “murah” sekaligus bisa diandalkan saat diajak berkendara di medan off-road.

Salah satu kekurangan dari Katana dibandingkan dengan generasi pendahulunya yaitu Jimny jangkrik hanya pada bagian gardannya saja, dimana Katana hanya menggunakan gardan bertipe tunggal. Sementara untuk keperluan offroad harus dilakukan ubahan dengan menggunakan gardan bertipe ganda.

Di bagian mesin yang menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan, kebanyakan mesin Suzuki Katana ini berkapasitas 1000 cc. Namun ada pula versi lainnya yang telah menggunakan mesin dengan kapasitas lebih besar yaitu 1300 cc. Jika dilihat dari perbandingan dengan ukuran mobil, kapasitas sebesar ini sudah dirasa cukup dan sebanding dengan performa yang dihasilkan oleh mobil ini. Suzuki memang telah merancang bagian mesin Katana ini dengan simpel serta memperhatikan ketersediaan suku cadangnya.

Mesin Suzuki katana juga termasuk bandel dan sangat minim terjadi kerusakan. Tentunya dengan syarat anda harus selalu melakukan perawatan rutin, minimal seperti memeriksa atau mengganti oli secara berkala.

Untuk area kabin atau dashboard memang diakui sangat terbatas dan terbilang cukup sempit karena pada dasarnya untuk mobil-mobil bertipe city car yang rata-rata mungil maka kebutuhan akan luas kabin pun menjadi sangat terbatas. Kesan ini semakin terasa jika pengendara bertubuh besar, karena Katana memang merupakan mobil minimalis yang dirancang untuk keluarga kecil yang berada di perkotaan. Jumlah penumpang yang bisa diangkut idealnya sebanyak 4 orang.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, Katana termasuk kendaraan yang irit bahan bakar. Perbandingannya untuk satu liter rata-rata bisa mencapai 12 hingga 15 km. Sehingga fitur irit bahan bakar ini menjadi salah satu unggulan di kelasnya.
Terkait dengan hal ubahan gaya atau modifikasi, Suzuki Katana pun merupakan mobil yang mudah untuk dimodifikasi.

Modifikasi Mobil Katana

Beberapa gaya modifikasi yang cocok untuk mobil Katana diantaranya adalah sebagai berikut:

• Offroad Look

Gaya modifikasi offroad memang menjadi pilihan yang sering diaplikasikan pada Katana. Baik itu hanya sekedar tampilannya saja (offroad look) atau memang digunakan sesungguhnya untuk medan terjal. Selain karena tampilannya yang memang sudah cukup mendukung, bertipe jip.

Biaya yang dikeluarkan untuk gaya modifikasi offroad look tentunya lebih murah dan ubahan yang dilakukan pun tidak terlalu banyak dibandingkan dengan gaya modifikasi real offroad. Untuk mendapatkan gaya modifikasi offroad look, cukup dengan merubah pada bagian ban saja, misalnya menggunakan ban tipe semi off-road. Dengan begitu sudah bisa didapatkan tampilan yang cukup signifikan dari tampilan standar pabrikan tanpa harus merubah tipe gardan menjadi ganda dan ubahan-ubahan pendukung lainnya.

• (Real) Offroad

Sementara jika ingin merubah Suzuki Katana anda dengan gaya real offroad, tentu saja biaya yang dikeluarkan pun lebih mahal. Beberapa hal yang harus diperhatikan tentu saja mengenai keamanan kendaraan itu sendiri serta komponen-komponen pendukung lainnya. Misalnya untuk ban tentu saja harus menggunakan tipe offroad, lalu perubahan dari gardan tunggal menjadi ganda, serta pengereman sudah tidak mungkin menggunakan bawaan pabrikan dan harus dilakukan penyesuaian pula.

Jika hal tadi sudah anda lakukan, komponen penunjang lainnya seperti winch, lampu tembak, bemper dan aksesoris yang bisa mendukung kegiatan anda ber-offroad ria bisa ditambahkan.

Untuk modifikasi real offroad ini, ada pula yang mengusung aliran speed offroad. Dimana hal penting dari aliran ini adalah kecepatan. Biasanya ubahan yang dilakukannya sangat ekstrim sehingga sudah tidak tampak sama sekali tampilan mobil bawaan pabrikannya. Selain itu, ubahan penting lainnya ada pada bagian mesin yang tentu saja harus memiliki kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik dan ubahan-ubahan lain yang bisa mendongkrak performa mobil menjadi lebih cepat.

• Ceper

Ubahan gaya ceper ini biasanya banyak diaplikasikan pada mobil-mobil bertipe sedan, namun dalam perkembangannya ada pula yang diterapkan pada mobil bertipe jip seperti Suzuki Katana ini. Ciri utama dari gaya ini tentu saja bisa dilihat dari tampilan mobil yang terlihat pendek karena jarak ground clearance yang hampir menyentuh tanah/aspal. Perubahan pada bagian kaki-kaki, seperti ban dan suspensi, merupakan syarat utama untuk mendapatkan gaya modifikasi ceper ini.

Nah, mungkin itu beberapa gaya ubahan atau modifikasi mobil katana yang bisa anda aplikasikan pada Suzuki Katana anda. Selain yang telah disebutkan diatas, anda bisa memodif sendiri mobil anda sesuai dengan keinginan dan budget yang anda miliki. Memodifikasi mobil jenis ini memang tidak sulit tetapi anda tetap tidak bisa sembarangan mengaplikasikan berbagai macam modifikasian ke dalam bodi mobil atau mesin mobil.

Lebih jelasnya bisa konsultasikan langsung dengan berbagai rumah modifikasi yang ada di kota anda. Ada baiknya juga anda bergabung dengan komunitas-komunitas penggemar Suzuki Katana yang kini banyak tersebar hampir diseluruh pelosok Indonesia. Boleh lah anda sebebasnya memodifikasi mobil anda tapi jangan lupakan hal terpenting dalam melakukan modifikasi, jangan mengabaikan faktor keselamatan.