Perbandingan Harga Jual Mobil Bekas

Ilustrasi harga jual mobil bekas

Pangsa pasar mobil bekas masih sangat menjanjikan. Seiring laju pertumbuhan jenis-jenis mobil baru, maka secara otomatis jumlah mobil bekaspun juga mengikuti. Harga jual mobil bekas yang sangat variatif ternyata menjadi alternatif pilihan para pemburu mobil. Tidak sedikit mobil bekas tetapi masih mempunyai kondisi prima. Setiap orang ternyata mempunyai berbagai alasan untuk menjual mobilnya.

Kota Tempat Berburu Mobil Bekas

Jakarta dan Bandung merupakan tempat untuk berburu mobil-mobil bekas. Kedua kota ini mempunyai perputaran mobil-mobil baru yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan penjualan mobil bekas juga meningkat. Apalagi ketika Jakarta dan Bandung dilanda banjir, maka banyak mobil-mobil tipe sedan yang dijual murah.

Banyak mobil yang terendam air kemudian rusak lantas dijual. Sebenarnya mobil itu masih laik pakai dan hanya memerlukan sedikit langkah servis untuk mengeluarkan air dari engine dan ganti oli filter-nya. Setelah oli filter, udara, bahan bakar dibersihkan serta cleaning di unit kelistrikan baik lagi, maka mobil sudah siap pakai.

Berburu dan Mencari Konsumen

Untuk sebuah sedan Honda Civic tahun 1997 dengan plat nomor B (Jakarta) sempat dilepas dengan harga Rp 30.000.00. Kondisi masih lumayan top cer. Endra Nurmala salah seorang ‘pemain’ jual beli mobil bekas yang berdomisili di Jalan Magelang Km 17 Sleman Yogyakarta, mempunyai cara tersendiri dalam melakukan pemburuan mobil-mobil bekas.

Dia memang mempunyai cara tersendiri dalam mencari konsumen. Dengan melakukan langkah negoisasi dan identifikasi apa yang konsumen inginkan, baru Endra menentukan jenis mobil dan plafon harganya. Setelah itu, ia melakukan langkah perburuan. Karena sudah mempunyai jaringan yang luas, maka secara cepat mobil itu didapat.

Namun sebelum ditawarkan dan diserahkan kepada konsumen, ia melakukan general chek up terhadap mobil-mobil tersebut. Suzuki Katana 4×4 dilepas dengan harga Rp 26.000.000.

 

Kemudian,sebuah mobil Toyota Corona G 2000 CC, warna biru tua, kondisi interior lengkap dan masih bagus terawat hanya dilepas Rp  60.000.000. Engine Toyota Corona itu benar-benar masih bagus, halus, nomor polisi AB (Yogyakarta) dan masih dalam jaminan asuransi.

 

Ada lagi mobil hasil buruan dari Jakarta, yaitu Toyota Corona Ex Saloon tahun 1986 warna putih. Mesin masih mulus, AC masih dingin, model power central lock pada semua pintunya. Audio tape masih bagus dan ban sudah diganti Dunlop. mobil ini hanya ditawarkan Rp 23.500.000.

Harga Mobil Bekas Online

Harga-harga mobil bekas yang dijual secara online cukup beragam. Harga ini bisa menjadi patokan. Jika tertarik, harga tersebut bisa dinego lagi. Misalnya, sebuah Daihatsu Xenia Li VVT Delux warna hitam, dengan 1000 cc tahun 2009, ditawarkan dengan harga Rp 118.000.000. 

Selanjutnya ada Isuzu Panther tahun 2001, tipe touring original dengan warna abu-abu cokelat muda dan metalik, roda sudah diganti velg sport. Semua pintu model central lock. Stir mobil menggunakan power steering dan AC dingin. Harga dibuka pada Rp 94.000.000 dan masih nego.

 

Kemudian mobil mungil tanggung dan irit Suzuki Katana tahun 1989, warna biru tua, interior dan eksterior mulus, dibalut dengan ban-ban Super Swaper 29 pada Velg Avantec kondisi baru. Tape merek Pioneer single Disc dengan kondisi baru. Tempat duduk memakai jok model Recaro, kondisi mesin standar dan masih bagus, harga Rp 35.000.000 dan masih bisa nego.

 

Selain beberapa harga di atas, banyak lagi harga mobil bekas yang masih dapat dijangkau. Untuk mendapatkan mobil dengan harga di bawah kisaran dua puluh juta pun bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

 

Yang ada hanyalah ketelitian bagi diri kita untuk mengamati keadaan dari mobil tersebut. Jika kita memiliki uang yang lebih banyak, maka harga mobil di atas dua puluh juta sampai lima puluh juta pun akan mudah pula kita temukan. Hal sama juga harus kita lakukan yaitu mengamati dengan teliti sebelum membeli.

Harga mobil bekas ini memang disesuaikan dnegan keadaan dan kondisi dari mobil itu sendiri. Jika memang masih memiliki performa yang bagi serta penampilan yang menawan maka mobil tersebut masih pantas untuk diberi harga yang tinggi.

 

Namun jika mobil sudah terlihat apa adanya dan merupakan mobil yang sudah maka dengan harga yang minim pun, mobil sudah dapat diperoleh atau dibeli oleh si pembeli.

 

Pembelian mobil bekas ini memang memberikan solusi bagi siapa saja yang menginginkan untuk memiliki mobil namun tak punya cukup uang untuk mendapatkan mobil yang baru. Pilihan membeli mobil adalah hal yang paling mungkin untuk dilakukan.

 

Harga mobil bekas ini memang lumayan lebih murah dibandingkan dengan harga mobil yang masih baru. Jika untuk mendapatkan mobil yang masih baru, seseorang harus mengeluarkan uang yang tak sedikit bahkan ratusan juta rupiah. Untuk mendapatkan mobil bekas ini, dengan beberapa puluh juta saja sudah dapat memberli mobil dengan performa yang masih layak.

 

Namun memang dalam memutuskan untuk membeli mobil bekas ini harus ada perhatian yang lebih. Dalam hal ini adalah mengamati seluruh bagian dari mobil untuk mengetahui apakah memang mobil masih layak untuk dibeli atau tidak. Atau apakah dengan harga yang ditawarkan memang senilai dengan keadaan mobil.

 

Bagi sebagian dari kita yang tak memiliki banyajk pemahaman yang benar mengenai serba serbi mobil bekas, maka sebelum membeli mobil bekas ini dapat mengajak atau meminta pertimbangan dari orang yang mengerti mobil bekas dan seluk beluknya.

 

Hal yang dapat kita tanyakan adalah mengenai harga mobil itu sendiri termasuk juga keadaan mesin dari mobil. Karena memang hal ini adalah hal utama yang ada di dalam mobil. Tentu tak ada dari kita yang menginginkan untuk membeli mobil yang sudah tal layak lagi atau sudah tak dapat dikemudikan.

 

Untuk itu, haruslah diteliti terlebih dahulu mengenai kemampuan mobil untuk dijalankan. Bagi orang yang mengerti maka akan mudah untuk mengamati dan memberikan pertimbangan kepada kita apakah memang layak untuk dibeli atau tidak.

 

Saat ini memang perkembangan jual beli mobil bekas begitu pesatnya. Tak hanya orang di kalangan menengah atas saja yang suka untuk membeli mobil bekas. Namun kalangan menengah pun sudah memiliki kemampuan untuk membeli mobil bekas ini.

 

Terlebih saat ini, kita dibuat lebih mudah dalam memilih mobil bekas mana yang akan kita beli melalui banyaknya situs jual beli online yang ada. Di dalam situs tersebut terdapat beraneka mobil bekas dengan berbagai jenis dan harga.

 

Kita, yang memiliki keinginan untuk membeli mobil bekas, tinggal melihat ke situs tersebut, mencari mobil yang kita inginkan lalu membandingkannya dengan mobil yang lain dalam hal harga dan performa mobil itu sendiri.

 

Dalam hal ini memang akan erasa lebih mudah. Karena kita akan lebigh jarang untuk berhubungan dengan makelar yang hanya akan membuat harga mobil menjadi lebih tinggi. Kebanyakan mobil yang diiklankan adalah memang milik sendiri walaupun tidajk dapat dipungkiri bahwa memang ada beberapa yang merupakan makelar atau toko mobil bekas.

 

Jika kita berhadapan dengan pemilik mobil itu sendiri maka hal ini akan terasa lebih mudah. Kebanyakan yang menjual mobilnya adalah orang yang sedang membutuhkan uang dengan segera. Untuk itu, jika memang harga yang disepakai sudah merupakan deal antara kedua belah pihak maka, mobil akan lebih mudah lagi untuk kita dapatkan.

 

Kelebihan lain dari situs mobil bekas ini adalah kita tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk keluar rumah mencari mobil bekas yang sedang dijual. Atau pergi kesana kemari untuk bertanya apakah memang ada mobil bekas yang sedang ingin dijual oleh pemiliknya.

 

Hanya dengan duduk di depan komputer dan browsing mengenai mobil bekas ini di beberapa situs jual beli online maka informasi mengenai mobil bekas sudah dapat kita peroleh. Bahkan informasi ini dapat berjumlah banyak karena memang mobil bekas yang diiklankan di situs ini adalah tak terbatas.

Kita tinggal mencari mobil mana yang kit inginkan. Kita pun juga tak perlu mengeluarkan modal yang berlebih. Terutama sebagai ongkos atau biaya kita untuk pergi kesana kemari mencari mobil bekas ini. Uang dihemat, tenaga pun juga dapat dihemat. Inilah beberapa perbandingan harga jual mobil bekas yang ada.